Loading...

sertifikasi

PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. adalah industri yang bergerak di bidang produk jamu, pangan, dan kosmetik yang berdiri sejak 1940. Dalam proses nya PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. menggunakan mesin mutakhir dan menerapkan sistem-sistem berikut:

  1. CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik)
  2. ISO 9001: 2015 (Sistem Manajemen Mutu)
  3. ISO 14001: 2015 (Sistem Manajemen Lingkungan)
  4. ISO 22000: 2009 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan)
  5. HACCP (Analisa Bahaya dan Titik Kendali Kritis)
  6. Sistem Jaminan Halal (SJH)

Sistem CPOTB adalah sistem yang dibuat pemerintah melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan yang memberikan pedoman industri obat tradisional dalam membuat jamu. Sertifikasi CPOTB oleh BPOM ke PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. diperoleh sejak tahun 2000. Sertifikat sediaan obat tradisional PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. adalah sebagai berikut:

Sistem ISO (International Organization for Standardization) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Sertifikasi ISO PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. melalui PT URS (United Registrar Of Systems) Indonesia.

Sistem ISO yang diterapkan di PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. antara lain:

  1. ISO 9001: 2015
    Sistem ini memberikan standart dalam mengatur mutu produk agar sesuai persyaratan yang ditetapkan perusahaan dan regulasi. Sertifikat ISO 9001 PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. sejak tahun 2016
  2. ISO 14001: 2015
    Sistem ini memberikan standart dalam mengatur pengelolaan limbah (padat, cair, B3) yang dihasilkan oleh kegiatan perusahaan sesuai dengan persyaratan lingkungan yang diatur oleh pemerintah. Sertifikat ISO 14001 PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. sejak tahun 2016
  3. ISO 22000: 2009
    Sistem ini memberikan standart dalam mengatur pengelolaan produk agar sesuai dengan persyaratan mutu produk sehingga aman dikonsumsi. Sertifikat ISO 22000 PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. sejak tahun 2016, dimana juga disertai dengan sertifikat HACCP (Analisa Bahaya dan Titik Kendali Kritis).

HACCP menitik beratkan pada analisa bahaya kontaminasi (fisik, kimia dan biologi) yang mungkin terjadi pada setiap tahap proses dari mulai penerimaan bahan sampai dengan pengiriman produk jadi.

Sistem Jaminan Halal adalah sistem yang dibuat oleh Majelis Ulama Indonesia yang memberikan jaminan halal terhadap industri yang membuat produk dan terhadap produk yang dibuat oleh industri tersebut. Contoh Sertifikat halal PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk: