Loading...

Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan melaksanakan fungsi komunikasi dan bertanggung jawab untuk membangun citra korporasi yang baik melalui hubungan baik dengan seluruh pemangku kepentingan. Sekretaris Perusahaan diangkat oleh dan bertanggung jawab kepada Direksi.

Profil Sekretaris Perusahaan

Tiur Simamora

Sekretaris Perusahaan

Umur:

63 tahun, per 31 Desember 2019

Kewarganegaraan:

Indonesia

Domisili:

Jakarta

Riwayat Pendidikan:

Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung (1982)

Dasar Hukum Penunjukan:

Surat Keputusan Direksi Nomor: 001/SM/SKDIR/VI/2013 tanggal 18 Juni 2013

Pengalaman Kerja:

  • Mengawali karir di PT Indhasana yang kemudian berubah nama menjadi PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia Tbk sejak tahun 1988 dengan jabatan terakhir sebagai Direktur dan Corporate Secretary (2008-2012)
  • Dalam periode tersebut juga merangkap sebagai Direktur PT John Crane Indonesia (PMA) (1999-2001), Direktur PT Kertas Basuki Rachmat (2007-2010), Komisaris PT Kertas Blabak (2008-2009) dan Komisaris PT Hutan Ketapang Industri (2008-2010).

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor: 35/POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014, di antaranya adalah:

  1. Mengikuti perkembangan pasar modal khususnya peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang pasar modal;
  2. Memberikan masukan kepada Direksi dan Dewan Komisaris untuk mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal;
  3. Membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan yang meliputi:
    • Keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada situs web Perseroan;
    • Penyampaian laporan kepada OJK tepat waktu;
    • Penyelenggaraan dan dokumentasi RUPS;
    • Penyelenggaraan dan dokumentasi rapat Direksi dan/atau Dewan Komisaris; dan
    • Pelaksanaan program orientasi terhadap perusahaan bagi Direksi dan/atau Dewan Komisaris.
  4. Sebagai penghubung antara Perseroan dengan pemegang saham, OJK dan pemangku kepentingan lainnya.

Pelaksanaan Tugas Tahun 2019

Sepanjang tahun 2019, Sekretaris Perusahaan telah melaksanakan tugas-tugas sebagai berikut:

  1. Menyampaikan Laporan Daftar Pemegang Saham ke OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEI) secara berkala setiap bulan sebelum tanggal 12.
  2. Membantu Direksi dan Dewan Komisaris menyelenggarakan rapat bulanan.
  3. Mengorganisasikan penyelenggaraan RUPS Tahunan pada tanggal 9 April 2019 dan RUPS Luar Biasa pada tanggal 27 November 2019 yang disesuaikan dengan POJK No. 32/POJK.04/2014 tentang Rencana Dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka dan POJK No. 10/POJK.04/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32/POJK.04/2014 tentang Rencana Dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka serta Anggaran Dasar Perusahaan Terbuka dalam melaksanakan RUPS, mulai dari pemberitahuan kepada OJK dan Bursa, Iklan Pemberitahuan di surat kabar dan situs web Bursa Efek Indonesia serta Perseroan, Pemanggilan melalui iklan surat kabar dan situs web Bursa Efek serta Perseroan.
  4. Berkoordinasi dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) tentang jadwal-jadwal penting terkait dengan penyelenggaraan RUPS.
  5. Berkoordinasi dengan Biro Administrasi Efek (BAE) dalam menyiapkan daftar pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPS sesuai dengan recording date.
  6. Berkoordinasi dengan BAE untuk menyiapkan data pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen dan pelaksanaan pemotongan PPh atas dividen untuk menindaklanjuti keputusan RUPS mengenai pembagian dividen tahun buku 2018.
  7. Berkoordinasi dengan Notaris yang akan membuat Berita Acara RUPS khususnya membuat akta disesuaikan dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
  8. Melaporkan hasil RUPS kepada OJK dan Bursa serta mengumumkan pada surat kabar, situs web Bursa Efek dan Perseroan termasuk jadwal pembagian dividen setelah berkoordinasi dengan Bursa.
  9. Menyelenggarakan Paparan Publik tanggal 21 Agustus, 2019 bertempat di Ruang Seminar I Lantai 1, Gedung Bursa Efek Indonesia pada acara “Pubex Live 2019” yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-42 Pasar Modal.
  10. Mengikuti workshop, seminar, sosialisasi dan pendalaman peraturan-peraturan terkait pasar modal serta topik lainnya yang diselenggarakan oleh OJK, Bursa, AEI dan ICSA. Terlibat dalam Forum Grup Discussion tentang draft perubahan Peraturan OJK dan Rancangan Perubahan Undang-Undang Pasar Modal.
  11. Pengurus pada Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) dengan jabatan Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi Regulasi.
  12. Menjadi moderator dalam seminar/workshop yang diselenggarakan oleh ICSA
  13. Menjadi fasillitator pada workshop yang diselenggarakan oleh ICSA
  14. Menyampaikan keterbukaan Informasi kepada OJK, Bursa dan masyarakat melalui IDXNews dan situs web Perseroan untuk peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dengan Perseroan.

Pengembangan Kompetensi

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan memperkaya pengetahuan mengenai pasar modal dan perkembangan industri. Pada tahun 2019, Sekretaris Perusahaan mengikuti pelatihan dan seminar sebagai berikut:

Tanggal Pelatihan/Lokakarya/Seminar Penyelenggara Pelatihan
12 Februari Sosialisasi POJK No. 36/POJK.04/2018 tentang Tata Cara Pemeriksaan di Sektor Pasar Modal ICSA-OJK-BEI
20 Maret Memastikan Kepatuhan Perusahaan atas Peraturan terkait Direksi dan Dewan Komisaris ICSA-OJK-BEI
23 April Digitalisasi dan Strategi Korporat ICSA
20 Mei Mind and Heart for Corporate Secretary ICSA
2 Juli Strategi Implikasi GCG yang Efektif Sehubungan dengan Tugas Corporate Secretary terkait POJK 21/POJK.04/2014 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Terbuka ICSA-BEI
10 September POJK 74/POJK.04/2016 tentang Penggabungan Usaha atau Peleburan Usaha Perusahaan Terbuka ICSA-OJK-BEI
24 September Penerapan Integrated Reporting di Indonesia: Perspektif, Preparer, User, Regulator dan Standard Setter OJK dan Universitas Airlangga
30 September Pemahaman POJK 51/2017 “Laporan Keberlanjutan” AEI-BEI
12 November Persiapan dalam Menghadapi Turbulensi Ekonomi Global pada Masa Kabinet Indonesia Maju ICSA
18 Desember Alignment POJK 51/2017 dan Monitoring dan Evaluasi SDGs Khususnya bagi NonPemerintah Bappenas-OJK-BEI-GRI