Loading...

Audit Internal

Unit Audit Internal bertugas untuk memastikan terlaksananya tata kelola perusahaan yang baik melalui proses audit atas pelaksanaan prosedur di dalam Perseroan, serta memastikan terlaksananya manajemen risiko dan sistem pengendalian internal yang efektif di Perseroan.

Unit Audit Internal dipimpin oleh Kepala Unit Audit Internal yang diangkat oleh dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama. Pengangkatan dan pemberhentian Kepala Unit Audit Internal harus melalui persetujuan Dewan Komisaris. Pengangkatan, perubahan atau pemberhentian Kepala Divisi Audit Internal harus dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berdasarkan Surat Persetujuan Dewan Komisaris Nomor: 001/SP-DEKOM/VII/2019 tanggal 30 Juli 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Unit Audit Internal, Direksi telah mengeluarkan Surat Keputusan No. 001/SM/SK.DIR/VII/2019 tanggal 31 Juli 2019 tentang Perubahan kepala Audit Internal. Dengan keputusan tersebut, maka per 31 Juli 2019 Kepala Unit Audit Internal dijabat oleh Yulius Ajie.

Profil Kepala Unit Audit Internal
Yulius Ajie Yulius Ajie
Usia 36 tahun, per 31 Desember 2019
Kewarganegaraan Indonesia
Domisili Semarang
Riwayat Pendidikan
  • Magister Akuntansi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2013)
  • Pendidikan Profesi Akuntansi (“PPAk”), Universitas Diponegoro, Semarang (2008)
  • Sarjana Ekonomi dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga (2005)
Dasar Hukum Penunjukan Surat Keputusan Direksi Nomor: 001/SM/SK.DIR/VII/2019 tanggal 31 Juli 2019
Pengalaman Kerja
  • Mengawali karir sebagai Auditor di KAP Bayudi Watu & Rekan (2005) dan KAP Jimmy Budhi & Rekan (2006)
  • Pada tahun 2006 bergabung di PT Indofood Fritolay Makmur hingga tahun 2012 dengan posisi terakhir sebagai Budget & Project Supervisor.
  • Bergabung di PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk pada November 2012 dan diangkat sebagai Kepala Unit Audit Internal pada 31 Juli 2019.
Program Pengembangan Kompetensi Tidak ada program pengembangan kompetensi yang diikuti pada tahun 2019
Organisasi Unit Audit Internal

Unit Audit Internal berada di bawah Direktur Utama dan dipimpin oleh seorang Kepala Unit Audit Internal.

Piagam Audit Internal

Unit Audit Internal memiliki Piagam Audit Internal (Internal Audit Charter) sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan tugasnya. Piagam Audit Internal dikeluarkan pada 18 Juni 2013 dan telah diperbarui pada 23 Juli 2018. Piagam Audit Internal antara lain mengatur hal-hal sebagai berikut:

  1. Struktur dan Kedudukan
  2. Persyaratan menjadi auditor internal
  3. Tugas dan tanggung jawab
  4. Wewenang
  5. Kode etik Audit Internal
  6. Tanggung jawab pelaporan audit
Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab Unit Audit Internal berdasarkan Piagam Audit Internal adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun dan melaksanakan rencana audit internal tahunan;
  2. Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistim manajemen risiko sesuai dengan kebijakan perusahaan
  3. Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi dan kegiatan lainnya
  4. Memberikan saran perbaikan dan informasi yang obyektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen
  5. Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris
  6. Memantau, menganalisis, dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan
  7. Bekerja sama dengan Komite Audit
  8. Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang dilakukannya
  9. Melakukan pemeriksaan khusus dalam lingkup pengendalian internal yang ditugaskan oleh Direktur Utama
Laporan Kegiatan Unit Audit Internal

Sepanjang tahun 2019, Unit Audit Internal telah melaksanakan kegiatannya sesuai dengan program kerja yang direncanakan. Mengacu pada tujuannya, setiap kegiatan Unit Audit Internal difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah bagi Perseroan dalam hal efisiensi, pengelolaan risiko dan penguatan sistem pengendalian internal.

Di awal tahun 2019, Unit Audit Internal menginisiasi penerapan Kode Etik Perusahaan melalui publikasi buku Kode Etik Perusahaan dan melakukan sosialisasi terhadap penerapan Kode Etik Perusahaan pada setiap pihak yang terlibat di proses bisnis Perseroan. Hal ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran untuk berperilaku etis pada setiap bagian dari Perseroan. Dengan kesadaran berperilaku sesuai Kode Etik diharapkan dapat menunjang efektivitas pengendalian internal Perseroan.

Kegiatan Unit Audit Internal tidak terlepas pula dari kegiatan audit di lapangan. Tujuan setiap kegiatan audit adalah untuk memastikan bahwa setiap kegiatan operasional Perseroan telah dilakukan sesuai dengan Prosedur Operasi Standar (SOP) serta peraturan terkait yang berlaku. Kegiatan Audit juga memberikan gambaran aktual kegiatan Perseroan. Dari kegiatan ini Unit Audit Internal dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan efisiensi operasional, mitigasi risiko dan optimalisasi sistem pengendalian internal.

Sebagai unit yang independen, Unit Audit Internal merupakan wadah untuk setiap konsultasi. Selama tahun 2019, Unit Audit Internal telah melakukan beberapa konsultasi. Hasil dari diskusi tersebut telah ditindaklanjuti hingga ke aktivitas perbaikannya. Kegiatan lainnya juga mencakup penelaahan dan pengujian SOP serta audit khusus.